Minggu, 06 Mei 2012

Contoh Naskah Drama



KELERENG DAN TELOR

Naskah Drama
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Apresiai Drama
yang dibina oleh Bapak Indra

 Oleh :
Ida Ayu Dwi Purnamasari           209252416764
Shofa Fidia N                               209252416766
Ajeng Dyah                                  209252416770
Bungas Tyas R                             209252416772
Kharisma Nuqi V.S                      107252403030                       


UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
JURUSAN SENI DAN DESAIN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI TARI DAN MUSIK
April 2012

Ø  Cerita :
Di sebuah desa kecil yang bernama “Desa Suka Meri” terdapat lima warga yang selalu melakukan hal-hal yang aneh yakni persaingan dalam hal apapun. Warga tersebut ada Bu Imah yang mempunyai sifat baik hati, tidak pendendam, sabar. Ada Bu Gil yang mempunyai sifat cerewet, biangnya gossip, dan suka mengompor-ngompori warga lain. Ada Bu To yang sifatnya cerewet dan selain itu juga mempunyai kebiasaan yang aneh yaitu selalu berkedip-kedip. Ada Bu Set, yang sifatnya lugu tapi lemot alias lemah otak, dan yang terakhir ada Pak Pan, sifatnya plin-plan alias tidak mempunyai pendirian.
Di Desa Suka Meri ada keluarga yang bernama Bu Imah, yakni orang terkaya dan terbaik di desa tersebut, dan empat warga lainnya yang selalu iri, curiga, mempunyai prasangka buruk yang akhirnya mereka selalu membicarakan Bu Imah.
Suatu hari, Bu Imah membeli ayam sebanyak 50 ekor. Setelah beberapa hari Bu Imah berternak ayam, ayam-ayam tersebut mengasilkan telor-telor yang begitu banyak, dan itu menambah kekayaan Bu Imah, dan lagi-lagi warga  membicarakan dan menjelek-jelekkan Bu Imah, warga berfikir bahwa Bu Imah telah menggunakan jasa dukun. Dan seperti biasa, warga ikut-ikutan membeli ayam untuk diternak, tetapi anehnya ayam-ayam yang diternak oleh warga tersebut justru tidak mengasilkan telor, melainkan ayam-ayam itu mengasilkan kelereng, sungguh aneh. Ternyata itu semua tergantung amal dan ibadah masing-masing.


Ø  Penokohan :
1.      Kharisma sebagai Bu Imah
2.      Ida Ayu sebagai Bu Set
3.      Bungas sebagai Bu To
4.      Shofa sebagai Bu Gil
5.      Ajeng sebagai Pak Pan

Ø  Setting dan Properti :
            Dengan setting sebuah desa dan beberapa pintu rumah dengan pekarangan dan kandang hewan ternak, serta satu buah gardu.
            Properti yang digunakan yaitu ayam-ayaman, bebek-bebekan, burung puyuh, angsa-angsaan, telor-teloran, kelereng, celurit, gelas, piring, garpu.

Ø  Tata Rias dan Busana
a.         Make up seadanya, minimalis, seperti warga biasanya.
b.         Busaana disesuaikan dengan karakter masing-masing.
1.    Pak Pan       : kaos, celana
2.    Bu Set         : daster, celana, spatu boot, jas, kacamata hitam, topi
3.    Bu Gil         : daster
4.    Bu To          : daster/baby doll
5.    Bu Imah      : jilbab, longdress

Ø Pembagian Adegan
a.       Adegan I
Suasana desa Suka Meri dengan kegiatan warga yang seperti biasanya, yaitu berkumpul dan membicarakn hal-hal yang tidak penting
b.      Adegan II
Para Warga melakukan penyelidikan tentang bagaimana bisa Bu Imah Bisa sekaya itu. Dan mendatangi Rumah Bu Imah
c.       Adegan III
Setelah mengetahui apa penyebabnya yaitu “Usaha hewan ternak”. Warga berbondong-bondong ke pasar hewan untuk membeli hewan ternak seperti yang di miliki Bu Imah
d.      Adegan IV
Warga mulai terkejut akan adanya keanehan yang terjadi pada hewan ternaknya yaitu bertelur kelereng.
e.       Adegan V
Warga curiga dan serempak mendatangi rumah Bu Imah untuk membunuh semua hewan ternak Bu Imah.
DIALOG DRAMA

Adegan I
           
            Suasana desa Suka Meri dengan kegiatan warga yang seperti biasanya, yaitu berkumpul dan membicarakn hal-hal yang tidak penting.
Bu Imah          : Permisi Bu…
Bu Gil             : Iya Bu Imah… Monggoooo…
                                    (lalu Bu Gil berlari menghampiri Bu To dan Bu Set)
                                    Bu To, Bu Seeeet…sini-sini, ada gossip baru ini
Bu To              : Opo’o seh Bu Gil??
Bu Gil             : Ini loh Bu…tadi saya lihat Bu Imah lewat depan rumah saya sambil senyam-senyum, trus sempet nyapa saya juga, kayaknya hatinya lagi sweneng buanget gitu loh..trus juga, tadi saya lihat bawak ayam gitu! Padahal Bu Imah kan sudah punya bebek, ayam, dan lain-lain, kok masih beli ayam lagi ya?
Bu To              : Eh, iya ya..kalau dipikir-pikir Bu Imah itu kok bisa sekaya itu? Apa sampean-sampean ini gak curiga?
Bu Set             : Curiga gimana toh Bu? Ya kan sudah takdirnya Bu..
Bu Gil             : Aduuuh…gak usah bahas takdir deh Bu! Kalau saya rasa, pasti ada apa-apanya ini, kalau Syahrini bilang “sesuatu”
Bu To              : Ooohh..iya iya, bisa jadi itu Bu! Atau mungkin Bu Imah memelihara babi ngepet atau semacam tuyul gitu ya??
Bu Set             : Loh Bu…kalau Cuma melihara babi kan gak masalah, lah saudara saya ada kok yang melihara babi, tapi baunya itu loh Bu..gak tahan,bauk banget! Tapi kalau tuyul apa bisa dipelihara? Kok kayaknya kasihan banget ya, disamakan ma anjing aja dipelihara.
Bu Gil             : Aduuuuh…Bu Seeet!!! Ini maksudnya beda, bukan babi peliharaan tapi babi ngepet, masak sih Bu Set gak tau??!! Iiih…gak nyambung banget deh
Bu Set             : Tapi sama-sama hewan babi ya Bu?
Bu To              : Berhenti..berhenti!!! Napa jadi bahas babinya Bu??? Gak penting banget deh kata Bu Woro
(Lalu ada Pak Pan yang sedang berjalan dan menghampiri Ibu-Ibu)
Pak Pan           : Ada apa ini Ibu-ibu? Kok kayaknya seru banget ngerumpinya
Bu Set             : Ini loh Pak, lagi bahas babi..
Bu Gil             : Apa’an sih!! Wong kita lagi bahas Bu Imah kok, kenapa bisa sekaya itu.. Lah Bu Set ini kan penyakitnya dari dulu gak pernah nyambung kalau diajak ngomong! Jadi males saya..
Bu To              : Gini loh Pak Pan, kita ini lagi membicarakan Bu Imah, kok bisa ya semakin hari semakin kaya saja, ya kita curiga Pak..
Pak Pan           : Owalah Bu…saya kira, Cuma saya saja yang punya pikiran seperti itu,ternyata sampean-sampean juga toh
Bu Gil             : Gimana kalau kita selidiki saja?
Bu Set             : Menyelidiki babi ya bu ya,,,? (dengan wajah polosnya)
Bu To              : Heh, babiii??? Bu Imaaaaah, Buuuu....
Bu Set             : Oooww..jadi kita berlagak seperti detektif-detektif itu ya Bu??
                        (dengan wajah yang sangat antusias)
Pak Pan           : Iya,detektif conan!! (sebal karena Bu Set tidak nyambung)
Bu Set             : Waaah..detektif conan itu kesukaan anak saya Pak,Bu! Kalau saya jadi seperti detektif conan, anak saya pasti suka saja juga,hehehehe..
Bu Gil, Bu To, Pak Pan : Bu Seeeeet!!! Gak usah diterusin!!! Gak penting banget
Bu To              : Ya sudah, mulai besok kita akan menyelidiki Bu Imah
Bu Set, Bu To, Pak Pan : SIAAAP!!!
(Wargapun kembali ke rumahnya masing-masing, beristirahat dan mempersiapkan
penyelidikan untuk keesokan harinya)

Adegan II
Kuuuk...kuruyuuuuk...
(suara ayam berkokok sudah terdengar, menandakan pagi hari, para warga bersiap untuk memulai penyelidikan)
Bu Set               : (setelah selesai mempersiapkan keperluan suami dan anaknya, lalu mereka beraktivitas seperti biasanya, dan Bu Set berangkat ke gardu untuk bertemu dengan warga lainnya)
                          Asiiiik....hari ini jadi detektif!! Pasti keren..
Bu Gil               : Pak Paaaan!!!! Ayo cepet (sambil menggedor pintu rumah Pak Pan)
Pak Pan             : Iya Bu Gil...sabar dikit napa??!!! Saya baru selesai maskeran ne..
                          (lalu Pak Pan keluar dan berangkat ke lincak bersama Bu Gil)
Bu To                : Waaah…keren sekali penampilan sampean Bu Set!! Noraknya gak ketulungan!!hahahaha…
( Bu To, Bu Set, Bu Gil dan Pak Pan berangkat ke lincak. Setelah semuanya berkumpul, misipun dimulai)
Bu To                : Ayo..sopo disikan sing nginceng bu Imah saiki lagi lapo, cik awak e dewe ngerti ingon-igone opo bu Imah iku?
Bu Gil               : Sopo yo…? Pak Pan ae wis…
Pak Pan             : Yo emoh ta kok aku , …. lapo gak sampean wae bu Gil?....
Bu Gil               :  Kok aku sih Pak? Aku yang bagian ngongkon-ngongkon ae wis…
Pak Pan             : wenakkkk men uripmu
Bu Gil               : ya jelas donk………………Gole sink menak kok
Bu To                : wis;wis rame ae ,Yo opo nek…Bu Set?...(sambil melirik kearah Bu Set)
Pak Pan,Bu Gil: yaaaaaaaaa, benerr itu buk.
Bu To                : Gimana Bu Set,setuju ya??
Bu Set               : Oke Bu, serahkan semuanya sama saya!
 (dan Bu Set pergi ke rumah Bu Imah. Tapi, setengah perjalanan Bu Set kembali lagi ketempat dimana warga berkumpul)
Bu Gil               : Lah..kok balik Bu????
Gu Set               : Hehehehe…tadi emangnya saya disuruh ngapain y??? (sambil garuk-garuk kepala)
Bu To, Bu Gil, Pak Pan : Aduuuuuuuuh…!!!! Matilah kita… (sambil memukul jidat masing-masing)
Bu To                : Trus napa tadi sok yakin mau berangkat????? Udahlah, sampean aja Bu Gil..
Bu Gil               : Hadeeeeh…ujung-ujungnya saya yang berangkat!!! Ya udah deh…
Bu Set               : Loh..Bu Gil mau kemana??
Bu Gil               : Beli sate!!! (dengan jawaban ketus)
Bu Set               : Kalau gitu saya tititp ya Bu, buat makan nanti siang.. (sambil sedikit menjerit)

Adegan III
(Setelah Bu Gil sampai di rumah Bu Imah. Bu Gil mengintip apa yang dilakukan Bu Imah. Setelah dirasa cukup apa yang dilihat, dan untuk dilaporkan, Bu Gil segera pergi tetapi tidak sengaja menginjak sesuatu yang menimbulkan suara, dan Bu Imah kaget karena ada Bu Gil, dan diajak mampir kerumahnya)
Bu Imah            : Loh..ada Bu Gil toh?? Ngapain disitu Bu?? Ayo mampir kerumah..
Bu Gil               : Hehehe..iya Bu
Bu Imah            : Monggo..monggo, silahkan duduk. Tadi ngapain disitu Bu?
Bu Gil               : Gak ngapa-ngapain Bu, Cuma kebetulan lewat aja trus gak sengaja nyenggol kaleng..
(Bu Imah dan Bu Gil asik mengobrol, dan disisi lain para warga tidak sabar menunggu hasil laporan dari Bu Gil. Karena tidak sabar menunggu, akhirnya Pak Pan mengusulkan untuk menyusul Bu Gil kerumah Bu Imah)
Pak Pan             : Aduuuuuh…lama sekali ya?? Gimana kalau kita menyusul saja, takutnya ada apa-apa…
Bu To, Bu Set   : Iya ya.. Ya udah ayo pak
(Pak Pan, Bu To, Bu Set pergi kerumah Bu Imah untuk menyusul Bu Gil. Tetapi mereka kaget saat tahu Bu Gil sedang berbincang-bincang dengan Bu Imah, rasa penasaran wargapun semakin menjadi)
Pak Pan             : Assalamualaikum… Permisi Bu…
Bu Imah            : Wa’alaikumsalam… Iya Pak,monggo.. Waaah ada apa ini ya? Kok dengaren bareng-bareng gini kerumah saya?
Bu Set               : Mau nyusul Bu Gil, Bu…
(Pak Pan menginjak kaki Bu Set, karena Bu Set keceplosan)
Pak Pan             : Hehehe…ndak Bu, Cuma pengen mampir saja, silahturahmi…
Bu Imah            : Owalah…saya kira ada apa Bu?
Bu To                : Bu Imah, lagi punya usaha ternak toh??
Bu Imah            : Hehehe…iya Buk, sebenarnya tidak ada rencana loh Bu, tapi ternak-ternak saya ini kok lumayan menguntungkan, jadi ya saya teruskan. Saya juga  punya kenalan ,jadi ya saya titipkan telur ternak-ternak saya buk. Namanya juga rezeki, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Memangnya ada apa toh Bu?
Bu To                : iya bu kelihatan kok ,sampean kelihatan makmur bu. Rahasianya apa lo bu, bagi-bagi rahasia gitu lo bu??
Bu Imah            : Rahasia apa lo bu? Ya Cuma  berdoa dan berusaha saja bu?
Bu To                : Mossok sih bu cuma itu saja?
Bu Imah            : Iya bu…
Bu Set               : Telurnya banyak ya Bu ya?
Bu Imah            : Alhamdullilah Bu banyak, la ternak saya juga banyak lo Bu..
                                    (Ibu-Ibu berbisik-bisik)
Pak Pan             : Udah –udah ibu-ibu ini berisik saja , ayo kita pamit saja kasihan Bu Imah kalau kita mengganggu kerjaanya ndak selesai-selesai ya Bu Imah?
Bu Imah            : Ndak apa-apa kok Pak Pan, saya malah seneng kalau kumpul begini
Ibuk-ibuk          : Ya sudah Bu, kami pamit dulu mau masak, monggo Bu…
Bu Imah            : iya Bu mari….
(warga langsung menuju pasar untuk membeli hewan ternak ,karena warga ingin mencoba peruntungan seperti Bu Imah. Keesokan harinya lincak yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya warga terlihat sepi, ternyata para warga sedang sibuk merawat hewan ternaknya masing-masing)

Adegan IV
Beberapa minggu kemudian………….         
Bu Imah          : Bu kok sekarang saya ndak pernah liat warga sedang    kumpul di lincak lagi dan sekarang ndak pernah ke rumah saya juga?
Bu To              : Iya ni Bu, mungkin sekarang mereka sedang sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri.
Bu Imah          : Oalah…emang sekarang ibu-ibu ini punya kegiatan apa toh Bu? Mungkin bisa bagi-bagi buat saya tipsnya.
(Bu To masih memikirkan jawabannya karena Bu To tidak ingin rahasia warga diketahui oleh Bu Imah)
Bu To              : Emmmm…… Saya kurang tahu ya Bu, lagian Bu Imah ini lho sudah kaya, ternaknya berhasil, kok yo masih minta tips sama kita- kita.
Bu Imah          : Biar sama-sama saling membantu kan Bu, jadi biar sama-sama  sukses.
Bu Gil             : Bu Toooo……. Bu Toooo………(sambil berlara ke rumah bu To)
Bu To              : Lapo seh Bu?? bengak-bengok, Omah mu kebakaran a?? kok heboh ngunu.
Bu Gil             : Gak tah Bu,.
                     Lho lho lho kok ada Bu Imah di sini? ada bisnis tah sama bu To? saya kok gak diajak-ajak.        
Bu Imah          : Gak kok Bu. Kebetulan saya lewat sini terus kok ada Bu To ya saya mampir saja sekalian. Tanya kok para warga jarang kelihatan lagi di tempat biasanya.
Bu Gil             : Ooohh gitu to… iya Bu kita lagi sibuk sendiri-sendiri, kita juga punya usaha, gak  Cuma sampean aja Bu.
                     Bu To, aku iki nduwe urusan karo sampean…(berbisik-bisik)
Bu Imah          : Yasudah kalo gitu Bu, saya pamit dulu, sepertinya Bu Gil ada urusan penting sama Bu To, takutnya saya mengganggu, mari Bu…
Bu Gil             : Oya mari Bu, Alhamdulillah ya Ibu ngerti.. (sambil mlengos)
                     Bu To ini lho ada yang aneh dengan hewan ternak saya. Sebenarnya sih saya gengsi mau ngomong tapi gimana lagi saya bingung.
Bu To              : Alah gak usah gengsi gitu Bu. Kita kan tetangga jadi kalo ada apa-apa gak usah sungkan-sungkan. Kalo saya bisa bantu ya saya bantu.
Bu Gil             : Sebenernya…. Bebek saya sudah bertelur
Bu To              : Wah ya bagus itu Bu, terus kenapa sampean jadi gak seneng gitu?
Bu Gil             : Lha ini masalahnya, bebek saya ini bukan bertelur seperti telur biasanya itu, tapi kelereng lho bu yang keluar.
Bu To              : APAAA?!!!!!!!! Kok bisa Bu… kena azab ya?
Bu Gil             : Ehhh…….. jangan keras-keras Bu, nanti didengar tetangga-tetangga. Emangnya punya sampean sudah bertelur Bu?
Bu To              : Emmmm….. ya…….hehehehehehe….anu Bu, angsa saya istimewa lho Bu,
Bu Gil             : Kok bisa, istimewanya apa Bu? Hasil telornya lebih banyak dari pada punya Bu Imah ya?? Wah Bu To ini hebat, akhirnya berhasil juga.
Bu To              : Duuuuh…bukan itu Bu yang saya maksud!!
Bu Gil             : Lah terus apa Bu?
Bu To              : Hewan ternak saya juga mengeluarkan kelereng (sambil menahan malu)
(lalu Pak Pan datang)
Pak Pan           : Permisi Bu To….Assalamualaikum, (sambil ngos-ngosan)
                     Bu saya benar-benar apes, ternak saya bu ya ampun…. Prematur, eh salah,  maksudnya kelainan. Sek-sek Bu, saya minta airnya dulu Bu.
Bu To              : Oh iya maaf-maaf sampai lupa (masuk ke dalam untuk mengambil minum)
                     Ini pak ini bu, monggo diminum dulu.
Pak Pan           : (setelah minum) Alhamdulillah… saya lanjutkan lagi ya Bu ceritanya, ternak saya ini menghasilkan kelereng!!! Gimana ini Bu, ternak saya kenapa ya???
Bu Gil             : Waduuuuh……. ternyata gak cuma saya dan Bu To saja ya yang punya masalah dengan hewan ternak kita. Saya dan Bu To juga gitu kok Pak, yang keluar juga kelereng bukan telur seperti punya Bu Imah. Kira-kira ada apa ya dengan ternak kita??? Kok bisa aneh gini..gak masuk akal!!
Pak Pan           : Tapi sek..sek toh, kok Cuma kita bertiga ya yang kumpul dan membicarakan masalah hasil dari ternak kita? Memangnya ternaknya Bu Set berhasil bertelor toh?? Atau mungkin Bu Set tidak ikut membeli hewan ternak?
Bu To              : Gak kok Pak, Bu Set juga beli..dia malah beli ayam, terobsesi sama Bu Imah
                        Gimana kalau kita kerumah Bu Set saja? Kita tanyakan langsung, ayamnya bertelur atau tidak.
Bu Gil, Pak Pan: Setuju!!
(Lalu Bu Gil, Bu To, dan Pak Pan menuju rumah Bu Set)
Pak Pan           : Assalamualaikum…permisi..Bu Set…Bu Set
Bu Set             : Wa’alaikumsalam… (sambil membukakan pintu)
Loh..ada Pak Pan, loh..ada ibu-ibu juga. Ada apa ini kok rombongan?Ayo masuk-masuk, monggo..
Pak Pan           : Buk, gak ada yang mau diceritakan sama kita-kita??
Bu Set             : Cerita apa emangnya Pak?
Pak Pan           : Ya apa gitu..mungkin masalah ayam sampean? Soalnya burung saya bermasalah Bu!
Bu Set             : Loh..loh..Pak Pan ini, jorok banget!!! Napa harus laporan sama saya??? Ada ibu-ibu juga disini,mosok yo sampean gak malu?? Itu bukan urusan saya, saya dah punya suami loh Pak!!
Pak Pan           : Walah..walah..jangan salah paham gitu Bu!! Maksudnya burung ternak saya, brung puyuh!! Hadeeeh…ngomong sama orang lemot susah ya, butuh kursus sepertinya!! (sambil ketus)
Bu Set             : Owalah..hehehe,maaf ya pak? Lah sama-sama burung loh,hihihihi…
Kalau soal ayam saya? Ya sebenere ada cerita Pak, Bu..hehehe
Bu Gil             : Kok malah ketawa? Napa Bu? Trus, gimana ayamnya?? Sudah bertelor? Trus sehat apa gak Bu?
Bu Set             : Walaaaah…ya sehat tah Bu, bertelur juga! Ayam saya loh keren, istimewa, menakjubkan, spektakuler, fantastik....
Pak Pan           : Alaaah Bu…itu ayam apa konsernya Terry??
Bu Set             : Ya ayam saya toh Pak…
Bu To              : Menakjubkannya kenapa Bu?
Bu Set             : Ayam saya beda daripada yang lain, apalagi dari Bu Imah, wuuuh…beda sekali. Ayam saya itu menghasilkan sebuah kelereng, hebat kan Bu, Pak?? Pasti lebih mahal dari telornya Bu Imah. Pak Pan sama ibu-ibu ngiri ya??
Bu Gil             : Iiiiih…gak iri blas Bu!! Punya kita juga gitu kok..itu namanya buka istemewa, spektakuler, bla bla bla…atau apalah itu! Itu namanya kelainan Bu Set..
Pak Pan           : Ternyata memang ada yang aneh dari ternak-ternak kita.. jangan-jangan ini semua ulah Bu Imah yang gak mau dikalahkan sama kita,trus ternak-ternak kita disantet!
Bu Set             : Kok bisa disantet Pak?? Kan ternak-ternak kita istimewa, beda dari pada yang lain. Bisa didaftarkan ke sirkus loh Pak, ntar kita dapat uang juga. Iya kan?
Pak Pan           : Bisa diam gak Buk??!! Lama-lama saya emosi…huuuh! Gimana kalau kita langsung pergi ke rumah Bu Imah sekarang, saya geram kalau kayak gini trus!! Dia udah kaya tapi napa masih tidak mau terkalahkan dengan kita? Gak adil kan? Saya yakin ini ada apa-apanya, kita langsung gledah rumahnya saja! Sapa tau ada seperti sesajen atau apa gitu!
Bu Gil             : Ya udah, sebelum berangkat kita harus menyususn rencana terlebih dahulu!
(Pak Pan, Bu Set, Bu Gil dan Bu To berbisik-bisik untuk menyusun rencana)
Bu Set             : HAH!!!! Kok sampek bunuh sgala?????
Bu To              : Huuuuusshhh!!!! Jangan teriak gitu napa Bu Set???!!!
(sambil mendekap mulut Bu Set)
                        Oke, sekarang kita bawak barang yang diperlukan masing-masing. Bu Gil dan Pak Pan pinjam di rumah saya saja, daripada harus pulang lagi, memakan banyak waktu! Saya ambil dulu peralatannya, Pak Pan dan Bu Gil tunggu di tempat biasanya kita kumpul, Bu Set cepat siap-siap! Saya mau ambil peralatannya dulu lalu kita bertemu ditempat biasanya!
Bu Gil             : Siiip..!! Ayo Pak Pan..
(Bu To kembali ke rumahnya untuk mengambil peralatan, dan Bu Set siap-siap untuk ikut pergi ke rumah Bu Imah juga, walupun tidak yakin bisa melakukannya atau tidak. Setelah semua warga sudah berkumpul, mereka langsung menujiu rumah Bu Imah)

Adegan V
Warga             : Assalamualaikum…
Bu Imah          : Wa’alaikumsalam… Waaah…lama tidak mampir ya Pak, Bu..
Bu Set             : iya bu…kitaaaaa…mau ngapain ya???? Bentar-bentar bu saya tanyakan dulu…
Pak Pan           :eheemmmm….. (berdehem), bu set diam saja ya…kalau ikutan ngomong saya gigit loh…aaarrrrgggg………
                                    Gini ya bu Imah…saya curiga kalau sampean ini punya ilmu hitam, gayanya saja berjilbab tapii itu semua Cuma mau menutupi perbuatannya sampean kan?
Ibu-ibu            : iya iyaa…betul betul betul…..(sambil mengangkat barang bawaannya ke atas)
Bu Gil             :sekarang kami mau masuk….minggir bu minggir (sambil mendorong bu imah)
Bu Imah          : looh loohhh…sampean-sampean ini kok gak sopan toh menuduh sembarangan, sekarang main masuk kerumah orang seenaknya…
Bu To              : halaah…minggir – minggir
Bu Set             : maaf ya bu…permisi…saya mau masuk dulu (sambil tersenyum dan ditarik sama Pak Pan)
(Para warga bergegas masuk ke lokasi ternak Bu Imah, lalu Bu Imah mencoba menghalangi para warga)
Bu Imah          : Heeh mau apa kalian???!!! Keluar….keluar….
Pak Pan           : Halah…banyak omong!!! Ayoo ibu-ibu kita bunuh...
Bu Imah          :Hah…jangan pak bu….jangan bunuh saya…!!!!!
(para warga semakin tidak terkendali, aksinya tetap tidak bisa dihentikan)
Warga             : Haahahahahahahahahaaaa…..(tertawa dengan puasnya)
(Bu Imah hanya diam dan tercengang dengan aksi para warga, dan ternyata yang ingin di bunuh warga adalah hewan ternak Bu Imah)
Bu Gil             : Akhirnya kita berhasil...
Bu Set             : Astaghfirullah…saya sudah jadi pembunuh…
Bu Imah          : Ya Ampun…ibu-ibu dan Pak Pan…saya kira sampean-sampean ini mau membunuh saya. Soalnya sampean-sampean ini sudah menuduh saya yang tidak-tidak. Saya iklas sampean-sampean ini membunuh hewan ternak saya dan saya maafkan. Tapi asal sampean-sampean tahu tindakan sampean-sampean ini sudah kelewat batas. Jika ada masalah bisa di bicarakan baik-baik.
Hening sejenak …
Bu Imah          : Pak Pan dan Ibu-ibu, keberhasilan sebuah usaha itu tergantung dari amal dan perbuatan kita semua. Jika sampean-sampean ini ingin berhasil lakukan dengan hati ikhlas tanpa ada rasa iri dan dengki…insya allah, akan menjadi berkah.
Warga             :Oalaahh…begitu toh….

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar